PELAYANAN RAWAT JALAN YANG BAIK

A.   Pengertian
Pelayanan rawat jalan (ambulatory) adalah satu bentuk dari pelayanan kedokteran. Secara sederhana yang dimaksud dengan pelayanan rawat jalan adalah pelayanan kedokteran yang disediakan untuk pasien tidak dalam bentuk rawat inap (hospitalization).
Pelayanan rawat jalan ini tidak hanya yang diselenggarakan oleh sarana pelayanan kesehatan yang telah lazim dikenal rumah sakit atau klinik, tetapi juga yang diselenggarakan di rumah pasien (home care) serta di rumah perawatan (nursing homes).       

B.   Tujuan
Tujuan dari pelayanan rawat jalan adalah mengupayakan kesembuhan dan pemulihan pasien secara optimal melalui prosedur dan tindakan yang dapat dipertanggung jawabkan (Standar pelayanan Rumah sakit, dirjen yanmed depkes RI thn 1999).
Sedangkan Fungsi dari pelayanan rawat jalan adalah sebagai tempat konsultasi, penyelidikan, pemeriksaan dan pengobatan pasien oleh dokter ahli dibidang masing-masing yang disediakan untuk pasien yang membutuhkan waktu singkat untuk penyembuhannya atau tidak memerlukan pelayanan perawatan.

C.   Standar dan Indikator
      Berdasarkan Keputusan Menteri kesehatan Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, standar minimal rawat jalan adalah sebagai berikut:
NO
Indikator
Standar
1
Dokter pemberi pelayanan di poliklinik Spesialis
100%
2
Ketersediaan Pelayanan
a.    Klinik Anak
b.    Klinik Penyakit Dalam
c.    Klinik Kebidanan
d.    Klinik Bedah
3
Ketersediaan pelayanan di RS Jiwa
a.    Anak Remaja
b.    NAPZA
c.    Gangguan Psikotik
d.    Gangguan
e.    Neurotik
f.     Mental Retardasi
g.    MentalOrganik
h.    Usia Lanjut
4
Jam Buka pelayanan
08.00 s/d 13.00 Setiap hari kerja kecuali Jumat : 08.00 - 11.00
5
Waktu tunggu di rawat jalan
≤ 60 menit
6
Kepuasan Pelanggan
≥ 90 %
7
a.    Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskop TB
b.    Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di RS
a.    ≥ 60 %
b.    ≤ 60 %

D.      Prinsip-prinsip pelayanan rawat jalan yang baik
Jenis pelayanan rawat jalan di rumah sakit secara umum dapat dibedakan atas 4 macam yaitu :
  1. Pelayanan gawat darurat (emergency services) yakni untuk menangani pasien yang butuh pertolongan segera dan mendadak.
  2. Pelayanan rawat jalan paripurna (comprehensive hospital outpatient services) yakni yang memberikan pelayanan kesehatan paripurna sesuai dengan kebutuhan pasien.
  3. Pelayanan rujukan (referral services) yakni hanya melayani pasien-pasien rujukan oleh sarana kesehatan lain. Biasanya untuk diagnosis atau terapi, sedangkan perawatan selanjutnya tetap ditangani oleh sarana kesehatan yang merujuk.
  4. Pelayanan bedah jalan (ambulatory surgery services) yakni memberikan pelayanan bedah yang dipulangkan pada hari yang sama.

E.   Alur Pasien Rawat Jalan


SUMBER :

-      Keputusan Menteri kesehatan Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELAYANAN GAWAT DARURAT YANG BAIK

PELAYANAN REKAM MEDIS

PELAYANAN RAWAT INAP DENGAN ASURANSI DAN NON ASURANSI YANG BAIK